Daun

Minggu, 09 Februari 2014

LEZATNYA KUE CUCUR


KUE CUCUR TRADISIONAL


 


Bagi sebagian orang yang tidak pernah mendengar kata kue cucur, pasti akan penasaran seperti  apa kue cucur itu. Oleh karena itu disini saya akan menceritakan sekitar kue cucur.
Kue cucur merupakan makanan tradisional dari kebumen. Kue cucur terkenal dengan jajanan pasaran, jadi makanan ini banyak  ditemui dipasar-pasar tradisional. Bagi orang yang suka berwisata,jangan lupa untuk mencicipi kue cucur tradisional ini jika berkunjung ataupun melintasi kota  kebumen. Karena rasa dari kue ini adalah gurih dan manis. Harga dari kue ini sangatlah murah yaitu Rp.500,00. Jadi jangan khawatir,jika kantong anda akan terkuras.
Resep dari kue cucur ini adalah gula merah manis. Kue cucur ini hampir tidak terkenal karena kurangnya pengetahuan masyarakat dan tersaingi dengan kue-kue yang lain seperti brownies dll. Cara membuat kue ini tidaklah sulit. Berikut resep untuk membuat kue cucur.

RESEP MEMBUAT KUE CUCUR

BAHAN KUE CUCUR:
      *            Tepung kanji
      *            Tepung beras ketan
      *            Santan
      *            Gula merah
      *            Minyak untukk menggoreng
      *            Garam

CARA MEMBUAT KUE CUCUR TRADISIONAL:
*      Campur dan aduk tepung beras ketan,tepung kaji dan garam
*      Masak santan dan gula merah lalu disaring
*      Masukkan gula dan santan dalam keadaan hangat kedalam adonan tepung secara bertahap sambil aduk hingga rata.Hingga adonan menjadi halus dan licin selama 15 menit.Sisihkan
*      Biarkan adonan kurang lebih 1 jam agar mengembang
*      Ambil 2 sendok sayur minyak goreng panaskan dengan api sedang. Masukkan adonan satu sendok lalu siram dengan minyak goreng yang untuk menggoreng pada bagian atasnya agar matang.
*      Agar matangnya merata,tusuk bagian tengah kue cucur yang digoreng dengan menggunakan lidi/tusuk sate sambil digoyang-goyangkan.
*      Setelah matang angkat dan tiriskan. Kue cucur siap untuk dinikmati.

Sekarang sudah tahukan seperti apa kue cucur itu dan cara membuatnya. Semoga dapat bermanfaat bagi pembacanya. Selamat mencoba dan menikmati. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar